logo jurnalistika

Intip Manisnya Bisnis Roti Rocis, Roti Kekinian Beromset Jutaan Rupiah

  • Malik Abdul Aziz

    04 Jan 2021, 23:06 WIB

    Bagikan:

Jurnalistika.id – Kuliner roti rasanya dapat ditemukan di seluruh penjuru daerah. Makanan ini menjadi salah satu daftar favorit masyarakat dari kalangan dewasa hingga anak-anak. Roti sering dijadikan menu alternatif untuk cemilan di setiap waktu.

Banyaknya penggemar kuliner tersebut menjadikan maraknya pelaku bisnis yang membuka usaha kuliner roti. Bahkan ragam menu yang disediakan oleh pebisnis roti tersaji dalam banyak variasi.

Roti Rocis, salah satu UMKM kuliner roti yang berada di Graha Bintaro, Tangerang Selatan (Tangsel). Menyediakan ragam menu roti yang berbeda dari usaha roti lainnya.

Baca juga: Mulai 14 Januari, Pemberian 12.711 Vaksin Sinovac di Tangsel

Bermula dari keinginannya untuk memiliki bisnis, terciptalah Roti Rocis yang dijalani oleh Dini.

“Pengen usaha aja, ga tau mau usaha apa gitu kan terus saya pikir makanan apa yang disukai banyak orang. Akhirnya saya menentukan pilihan ke roti karena saya pikir banyak yang suka roti,” ujarnya saat diwawancarai oleh Tim Jurnalistika, Senin (04/01/2021).

Tampilan Roti Rocis rasa Cookies and Cream

Ide menu yang disajikan oleh Roti Rocis dibuat sendiri oleh mereka agar memiliki kesan unik dan berbeda dari roti lainnya. Pengembangan ide bisnis berasal dari belajar sendiri terkadang juga mencari inspirasi dari produk lain dan praktek membuat sendiri.

Usaha yang sudah 3 tahun berjalan tersebut, pernah mengalami kendala setelah melahirkan sehingga tidak terlalu difokuskan dan pekerjaannya diserahkan ke pegawai.

Sebelum berbisnis, Dini bekerja di Indosat dan kontraktor perusahaan. Setelah melahirkan anak pertama, akhirnya memutuskan untuk berwirausaha.

Untuk omset yang didapat dari Roti Rocis saat awal buka dan sekarang mengalami peningkatan yang pesat.

Baca juga: Jack Ma menghilang Misterius, Wargenet Heboh Mempertanyakan

“Omset yang didapat saat awal sekitar lima ratus ribu, kalau sekarang dua jutaan. Itu pendapatan kotornya,” ungkapnya.

Roti Rocis juga memiliki reseller yang meningkatan omset. Terdapat empat reseller yang berada di Depok, Bekasi, Bogor, dan Tangerang dengan menggunakan sistem pre-order.

Di kala pandemi, Dini mengaku usahanya tidak terlalu kena dampak karena sistem take away. Hanya di minggu pertama PSBB karena masih banyak masyarakat yang takut jajan. Setelah itu berjalan normal kembali saat ia mulai promosi kembali.

Pandangannya mengenai UMKM yang melemah karena pandemi, mungkin perlu promosi yang berlebih karena yang ia lihat dari pelaku bisnis lainnya yang penting selalu promosi bagaimanapun caranya, bagaimanapun keadaannya selalu promosi sehingga tidak menurunkan omset.

Tampilan Roti Rocis Beef Bolognese

“Yang pasti harus terus semangat, mungkin yang kita jalankan baru satu jalan. Mungkin ada jalan lain yang belum kita jalankan sehingga kalau kita belum jalanin jalan yang lain itu, ya, otomatis kita belum menemukan kenapa masalahnya seperti ini. Jadi memang harus coba-coba jalan yang lain itu,” ujarnya.

Baginya, pendekatan dari dinas sudah ada bagus dan baiknya. Namun, yang ia lihat masih masal lingkupnya sehingga masalah itu efeknya kurang terlalu berimbas ke UMKM lainnya.

“Harusnya ada pemkot coaching atau kunjungan dari dinas atau pihak pemerintah ke kami, maka dari situ orang bisa melihat kami,” harapnya. (feb)

Ide bisnis

Kota Tangerang Selatan

makanan manis

Roti Rocis

UMKM


Rekomendasi

Topik Pilihan

#

Vannesa Angel

#

Tangsel

#

Benyamin Davnie

#

Jokowi Dodo

#

PT. PITS

Terbaru

dsds

Fakta Menarik Desa Wisata Huta Tinggi: Dekat Danau Toba Identik Dengan Kerbau

Peringati Hari AIDS Sedunia, Ini Yang dilakukan KPA Purwakarta

Menitipkan Masa Depan Melalui Pohon : Investasi Oksigen

Ini Rincian UMK Banten Tahun 2022 yang Ditetapkan Gubernur Wahidin Halim

Pemkot Tangsel Gelar Pengembangan Pelaku Usaha Sektor Pertanian Demi Peningkatan Produksi

Ini Alasan Erick Thohir Gabung Banser

Pemkot Tangsel Gelar Giat Pengembangan Usaha Mikro Bagi Pelaku Usaha

Julham Firdaus Kembali Pimpin Bamus Tangsel, Begini Harapan Walikota