logo jurnalistika

Kenali 4 Label Kadaluwarsa Ini Pada Makanan

Oleh

Ninda Utami

pada

07 Jan 2021, 21:00 WIB

Kenali 4 Label Kadaluwarsa Ini Pada Makanan
Ilustrasi melihat label ‘Expired Date’ pada produk makanan

Jurnalistika.id – Sebelum kita membeli sebuah produk kemasan makanan ataupun minuman di tempat perbelanjaan seperti supermarket, hal yang biasa kita lakukan adalah mengecek tanggal kadaluwarsa atau yang kita kenal dengan label ‘Expired Date’.

Yap! Seperti yang kita tahu bahwa tulisan ‘Expired Date’ yang tertera pada kemasan merupakan batas akhir produk tersebut tak aman dikonsumsi, padahal tidak sepenuhnya benar, lho!

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 180/MENKES/PER/IV/1985, tanggal kedaluwarsa adalah batas akhir suatu makanan dijamin mutunya, sepanjang penyimpanannya mengikuti petunjuk yang diberikan oleh produsen.

Tak hanya label ‘Expired Date’ yang tertera pada produk, tetapi ada juga label lain seperti ‘Use By’ atau ‘Best Before’. Lalu, apakah memiliki arti yang sama? Yuk baca artikel ini sampai habis ya.

Baca juga: 4 Makanan Kadaluwarsa yang Sering Dibuang, Ternyata Aman Dikonsumsi!

1. Sell By

Produk dengan label ‘Sell By’

Label ini banyak digunakan oleh para produsen untuk menjual segera produk makanan tersebut sebelum melewati tanggal ‘Sell By’ serta menginformasikan para pengecer seberapa lama sebuah produk dapat dipajang.

Meskipun begitu, produk ini masih dapat dikonsumsi karena tidak ada hubungan dengan makanan layak dimakan atau tidak.

Label Kadaluwarsa Menurut Use By

2. Use By

Produk dengan label ‘Use By’

Label ini biasanya tertera pada makanan yang mudah busuk, seperti daging. Tapi tak perlu khawatir, kamu masih dapat mengolah makanan tersebut setelah melewati tanggal ‘Use By’, namun jangan dibiarkan terlalu lama ya.

3. Best Before

Produk dengan label ‘Best Before’

Label ini tak jauh berbeda dengan label lainnya, yaitu sebagai pemberi informasi perihal kualitas terbaik suatu produk sebelum melewati tanggal yang tertera.

Penurunan kualitas pada produk yang telah melewati tanggal tapi tidak mengalami perubahan warna, tekstur, rasa maupun aroma artinya masih aman dikonsumsi dan tidak bahaya.

4. Best If Used By

Produk dengan label ‘Best If Used By’

Label yang tertera menandakan kondisi terbaik makanan mulai dari rasa sampai kualitasnya. Jika produk sudah melewati tanggal ‘Best If Used By’, makanan masih tetap aman dikonsumsi. Tapi, kualitas rasa dan teksturnya tidak sebaik sebelumnya.

Jadi, selain kamu mengecek tanggal kadaluwarsa, kamu juga perlu tahu makna dari label pada produk makanan tersebut serta mengindentifikasi perubahan makanan setelah melewati tanggal kadaluwarsa. Hal ini dapat membantu kamu agar terhindar dari tindakan langsung membuang makanan yang masih layak dikonsumsi.

Baca juga: Hari Per Nasional, Menkominfo: Peran Wartawan Sebagai Bagian Dari Demokrasi

Berita Terkait

Meme Kocak Makan di Warteg Cuma 20 Menit

News

dalam 6 jam

Meme Kocak Makan di Warteg Cuma 20 Menit