Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Bukan Hanya Beras, Ini 5 Makanan Khas Indonesia Pengganti Nasi

  • Firmansyah

    22 Jun 2022, 13:10 WIB

    Bagikan:

image

Sagu salah satu makanan alternatif pengganti nasi. (dok: majalah laras)

jurnalistika.id – Bagi kebanyakan orang Indonesia, nasi sudah menjadi makanan pokok. Bahkan, orang Indonesia banyak yang merasa belum makan jika belum mengkonsumsi nasi. Padahal, di Indonesia ada banyak alternatif makanan pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat yang bahkan lebih bergizi dan sehat.

Setiap negara memiliki makanan pokok yang menyesuaikan kondisi tanah dan kebudayaannya. Meski Indonesia memiliki beragam makanan pokok, tapi nyaris sebagian besar penduduknya mengkonsumsi nasi.

Meningkatnya permintaan beras yang tidak sebanding dengan jumlah lahan yang malahan semakin berkurang karena ada alih fungsi lahan, mengharuskan kita agar tidak terlalu tergantung dengan nasi.

Lantas, apa saja makanan pengganti nasi yang ada di Indonesia

Berikut lima makanan pokok sebagai alternatif beras atau nasi yang mudah ditemukan:

1. Jagung

Beberapa daerah di Indonesia masih menjadikan jagung sebagai makanan pokok. Di samping mudah ditemukan, untuk menjadikannya makanan yang mengkonsumsinya pun terbilang mudah dan banyak pilihan. Salah yang paling mudah ialah dengan cara merebusnya.

Tak hanya itu, makanan pengganti nasi yang rasanya manis dan gurih ini mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Antara lain seperti protein, serat, serta berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, zat besi, kalium, fosfor, dan magnesium

2. Kentang

Kentang termasuk makanan yang dapat menjadi pengganti nasi, terutama untuk Anda yang sedang diet. Pasalnya, kalori dalam kentang lebih rendah daripada nasi putih.

Kentang juga mengandung serat lebih tinggi, apalagi jika Anda konsumsi dengan kulitnya. Kulit kentang dapat menambah kandungan seratnya. Kentang mengandung vitamin B1, vitamin B6, vitamin B9, dan vitamin C.

Meski saat ini kentang menjadi banyak olahan, tapi agar lebih sehat cara paling direkomendasikan ialah dengan cara kukus atau rebus tanpa menambakan minyak atau mentega.

3. Singkong

Umbi-umbian satu ini merupakan bisa jadi pengganti nasi selanjutnya yang memiliki sumber karbohidrat dengan kandungan energi yang tinggi. Tak hanya itu, kadar gula yang rendah membuat singkong cocok buat penderita diabetes.

Melansir Alodoktor.com, dalam singkong terkandung aneka nutrisi seperti, Karbohidrat, protein, Serat, hingga vitamin C.

4. Sagu

Beberapa wilayah Indonesia, khususnya Indonesia Timur seperti Papua, Kepulauan Maluku, Sulawesi dan NTT menjadikan olahan dari sagu sebagai makanan pokok.

Meski pun kaya karbohidrat, makanan yang menjadi Papeda ini sedikit nutrisi. Sehingga ketika mengkonsumsinya harus dengan lauk-pauk lain.

5. Ubi Jalar

Makanan pengganti nasi terakhir ialah ubi jalar, tak hanya bagi orang dewasa, ubi jalar pun aman dikonsumsi bahkan bayi di atas 6 bulan.

Ubi jalar memiliki gizi tinggi, kaya akan vitamin dan mineral, tahan lama, serta mengandung antioksidan alami yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh.

Produk olahan umbi ubi jalar yang beredar di tengah masyarakat di antaranya keripik, perkedel, donat, kue sus, bolu kukus, dan gorengan.

Selain sebagai sumber karbohidrat, ubi jalar juga mengandung Vitamin C, Vitamin B, dan fosfor yang ampuh melawan infeksi. Ubi jalar dianjurkan sebagai pengganti nasi buat ibu hamil.

Baca berita dan informasi menarik lainnya di Google News

(fsy)

enak bener

makanan pengganti nasi