Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Bosan Dengan Menu Bersantan ala Lebaran? Coba deh 5 Makanan Ini

  • Dena R

    15 Mei 2022, 12:50 WIB

    Bagikan:

image

Menu makanan khas lebaran (c) ilovelife

jurnalistika.id – Buat kamu yang baru aja merayakan Lebaran Idulfitri, pasti udah kenyang dong yaa sama menu makanan seperti ketupat dan kawan-kawannya yang bersantan ria.

Menu-menu seperti opor, sayur labu, rendang dan sambal goreng memang seakan menjadi menu ‘wajib’ saat lebaran. Dan faktanya, nggak mungkin deh kamu menyantap menu-menu ini selama sehari aja. Minimal dua sampai tiga hari lamanya, makanan bersantan ini masih ada di meja makan.

Naah setelah momen lebaran usai, sebagian Kamu mungkin pingin yang seger-seger setelah kenyang sama yang bersantan. Pas banget nih, kali ini Jurnalistika.id akan membagikan 5 menu kuliner yang cocok setelah puas dengan sajian bersantan buat me-refresh lidah dan perut Kamu. Yuk pilih!

1. Mie instan

Murah meriah dan hampir selalu ada di setiap rumah, hehe. Habis makan yang berat-berat, mie instan varian kuah bisa jadi pilihan menu yang menyegarkan.

Apalagi Kamu tambah irisan cabai rawit (bagi Kamu yang suka pedas), tambah seger deh!

makanan tidak bersantan yang cocok jadi menu alternatif usai lebaran
(c) masakbarengstella.com

Eits tapi ingat, menyantap mie instant sesekali aja yaa, jangan terlalu sering.

2. Bakso

Yak, ini dia si bulat berkuah yang cocok banget buah refresh setelah menu bersantan. Racikan kaldu bening dengan saus, sambal, cuka dan aksesoris lainnya, pas banget jadi menu setelah lebaran.

Nggak heran deh kalau Kamu lihat abang-abang bakso dikerubutin pasca lebaran, hehe.

bakso
(c) gobiz.com

3. Sayur asem

Nah, ini juga bisa jadi menu pilihan setelah lebaran. Paduan antara asam jawa dan rempah-rempah lainnya menjadikan kuah sayur asem ini seger banget!

Coba deh Kamu ambil sepiring nasi yang bersuhu ruangan, terus Kamu siram dengan kuah sayur asem yang masih hangat. Apalagi ditemenin sama lauk lainnya dan sambal terasi, mantap!

makanan yang cocok setelah lebaran
(c) resep.us

4. Seblak kuah

Ini sih mungkin generasi kekinian yang hobi. Meskipun nggak menutup kemungkinan juga para orang tua juga suka lho.

Penganan khas Jawa Barat ini identik dengan kuah merah yang pedas asin gurih. Dipadukan dengan isian kerupuk, sayuran dan aksesoris lainnya, seblak kuah juga cocok buat me refresh lidah kita setelah menu-menu santan.

seblak kuah
(c) resepmasakanku.net

5. Rujak buah

Kalau sebelumnya kita bahas lauk-laukan, kali ini kita bahas dessert alias pencuci mulut ya, hehe.

Nggak mesti mewah dan mahal, dessert juga bisa yang murah dan enak kok, salah satunya rujak buah.

Buah-buahan segar plus bumbu ulek kacang pedas bisa jadi pilihan cemilan ringan setelah menu-menu lebaran selesai.

rujak buah
(c) gofood.id

Nah itu dia beberapa menu segar yang bisa Kamu pilih sebagai alternatif menu makanan setelah lebaran.

Namun perlu diingat, menu-menu di atas rata-rata memiliki cita rasa asam dan pedas.

Jadi buat kamu yang punya masalah pencernaan, tetap harus hati-hati yaa, jangan sampai mengonsumsi makanan-makanan tersebut dengan berlebihan. (*dra)

Baca berita dan informasi menarik lainnya di Google News

Kuliner lebaran

makanan

makanan khas lebaran