Jurnalistika

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Yakiniku dan Teriyaki

  • Dena R

    06 Mar 2022, 12:15 WIB

    Bagikan:

image

(Photo by Mgg Vitchakorn on Unsplash)

jurnalistika.id – Yang suka bingung sama Yakiniku dan Teriyaki pas ke restoran ala Jepang, hayo ngaku! hehe.

Serupa tapi tak sama, kedua jenis makanan ini memang kerap bikin bingung beberapa konsumen, terlebih mereka yang awam akan dunia perkulineran.

‘’Tinggal makan aja deh, bebas lah mau Yakiniku apa Teriyaki,’’ yaa ada benernya juga sih.

Namun buat Kamu yang ingin menambah pengetahuan biar nggak salah order, yuk simak ulasan jurnalistika kali ini tentang bedanya Yakiniku dan Teriyaki.

Perbedaan Yakiniku dan Teriyaki

Yakiniku

Hidangan ini merupakan salah satu yang paling populer di Jepang setelah ramen. Restoran-restoran yakiniku pun bertebaran di seluruh penjuru kota. Bahkan menurut situs resmi Biro Statistik Jepang, ada sekitar 20.000 restoran Yakiniku di Jepang lho!

Terlepas dari popularitas di negara asalnya, banyak orang di negara-negara selain Jepang menyalahartikan hidangan satu ini sebagai Teriyaki.

Baca juga: Resep Japchae, Bihun Goreng ala Korea Selatan

Secara harfiah, Yakiniku berarti ‘’daging panggang’’, sebenarnya sama dengan yang sering kita dengar, yaitu barbeque.

Bedanya adalah, barbeque merujuk pada ‘’bakar-bakaran di luar ruangan atau outdoor’’. Sedangkan Yakiniku lebih ke ‘’bakar-bakaran di dalam ruangan’’, seperti di restoran atau di rumah.

Nah jadi sudah tau yaa, Yakiniku sebenarnya adalah berbagai macam daging yang dipanggang atau dibakar, bukan merujuk pada saus atau bumbu tertentu, tapi lebih ke metode pengolahan.

Setelah matang, daging-daging tersebut dicelupkan ke dalam saus ‘’Tare’’. Biasanya terdiri dari campuran kecap asin, gula, biji wijen, bawang putih parut, minyak wijen dan bahan-bahan lainnya. Baru setelah itu siap dimakan.

Para pengunjung restoran biasanya memasak atau memanggang sendiri daging-daging yang mereka pilih. Seperti yang ada di restoran-restoran Jepang all you can eat itu lhoo.

yakiniku
Yakiniku (c) livejapan.com

Teriyaki

Sama halnya dengan Yakiniku, Teriyaki sendiri sebenarnya bukanlah hidangan, melainkan teknik memasak dalam masakan Jepang.

‘’Teri’’, berarti kilau. Dan ‘’Yaki’’ berarti ‘’panggangan’’. Nah, yang membedakan dengan Yakiniku adalah daging-daging dicelupkan atau diolesi terlebih dahulu dengan saus kedelai manis (seperti kecap) untuk menghasilkan lapisan kilau pada daging. Baru mereka memanggangnya.

Baca juga: Saus Mentai, Sambal Ala Jepang Kekinian yang Lagi Viral

Jika Yakiniku menggunakan daging iris tipis, Teriyaki menggunakan dada atau paham ayam serta ikan. Seperti ikan ekor kuning, cakalang tuna, malin, salmon dan lainnya.

Karena Teriyaki ini bukan hidangan tersendiri, maka belum pernah terdengar adanya ‘’Restoran Teriyaki’’, berbeda dengan Yakiniku.

Teriyaki (c) livejapan.com

Okee, sudah jelas yaa bedanya Yakiniku dan Teriyaki. Mudahnya, Teriyaki memiliki cita rasa yang cenderung manis akibat bumbu marinasinya. Sedangkan Yakiniku lebih ke arah asin gurih.

Coba Kamu inget-inget dan praktikkan saat ke restoran Jepang nanti ya, hehe.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari jurnalistika.id di Google Newsklik di sini.

(dra)

Jepang

Makanan Khas

teriyaki

yakiniku


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami