Jurnalistika

Lagi Viral, Mengenal Croffle hingga Cara Membuatnya

  • Dena R

    19 Feb 2022, 22:16 WIB

    Bagikan:

image

Croffle (c) allkpop.com_

jurnalistika.id – Nggak cuma tumbuhan dan hewan aja lho yang hybrid, makanan pun ternyata bisa! Buat Kamu para foody generasi kekinian, pasti sudah nggak asing dong sama croffle.

Yap! Jajanan satu ini popularitasnya kian melejit, khususnya di Jakarta.

Saking viralnya, kedai-kedai yang semula nggak menjual croffle, ‘’ajaibnya’’ hari ini Kamu bisa menemukan croffle di etalasenya!

Bisa dibilang, penjual croffle mulai menjamur akhir-akhir ini.

Meski resep dasarnya sama, namun tentu rasanya akan berbeda antara satu produsen dengan produsen lainnya.

Tapi sebenernya, apa sih croffle itu? Nah, bareng jurnalistika kali ini, yuk kita kenalan sama croffle!

Baca juga: Asal Mula Pastry: Sisa Adonan yang Tempati Tangga Atas Penganan

Apa itu croffle?

Kalau Kamu mengira bahwa croffle adalah satu jenis pastry baru, berarti Kamu belum kenal betul sama croffle.

Croffle, Kamu sadari atau nggak, adalah kependekan dari dua nama makanan. Yakni croissant dan waffle. Jadi sebenarnya, croffle ini nggak baru-baru amat.

Croissant, pasti Kamu udah pada kenal ya, pastry khas Perancis dengan cita rasa khas buttery.

Lalu waffle, pasti Kamu udah familiar juga. Makanan yang terbuat dari adonan tepung dan dicetak menggunakan cetakan khusus khas waffle, yang bentuknya kotak-kotak itu lho.

Mudahnya, Croffle itu croissant yang ‘’digepengin’’ dengan menggunakan cetakan waffle.

croffle singkatan dari croissant dan waffle
(c) allkpop.com

Siapa sih yang pertama menemukan Croffle?

Penemu croffle adalah seorang koki pastry berkebangsaan Irlandia, Louise Lennox. Dia yang pertama kali memiliki ide untuk menggabungkan dua penganan ini, croissant dan waffle.

Baca juga: Kouign Amann, Croissant Kreasi Patissier Perancis

Rasanya?

Sebenarnya nggak ada yang berbeda dari croffle, kecuali ketika Kamu makan croissant dalam bentuk aslinya.

Bahkan di luar sana terjadi kontroversi mengenai keberadaan makanan hybrid satu ini. Karena sebagian berpendapat nggak terlalu istimewa, melainkan hanya bentuknya saja yang unik menurut sebagian orang.

Selain itu, croissant asli nggak menggunakan gula pada lapisan luarnya. Sedangkan untuk membuat croffle, Kamu  justru harus menggulingkan adonan croissant di atas gula sebelum memanggangnya di panggangan waffle. Jadi sudah pasti ketika Kamu menggigit croffle, rasa manis akan langsung menyeruak.

Bagi Kamu yang nggak suka cita rasa manis, tentu croffle bukanlah pilihan tepat.

Resep / Cara Membuat Croffle di Rumah

Coba Kamu lihat-lihat ke kedai yang menjual croffle deh, dijamin harganya nggak murah-murah amat. Jadi buat Kamu yang penasaran pingin mencoba croffle, mending buat sendiri. Gampang banget kok, asal Kamu punya alat dan bahannya, hehe.

Gimana cara membuatnya? Pertama, Kamu siapkan adonan premade croissant (yang masih mentah). Biasanya ada yang menjualnya dalam keadaan frozen. Coba cek toko frozen food terdekat ya.

Kemudian, Kamu butuh gula. Boleh gula pasir, atau Kamu juga bisa menggantinya dengan brown sugar.

Terakhir, Kamu butuh panggangan khusus waffle. Kalau belum punya, Kamu bisa membelinya di toko-toko terdekat, atau online juga bisa. Harganya cukup variatif kok, ada juga yang terjngkau.

Nah, kalau semua sudah siap, yuk mari kita buat. Langkah-langkahnya adalah :

  1. Siapkan premade croissant mu.
  2. Gulung-gulung agar membentuk croissant biasa.
  3. Setelah berbentuk croissant, gulingkan perlahan di atas nampan atau wadah yang sudah Kamu taburi penuh dengan gula.
  4. Jangan lupa preheat panggangan waffle mu sebelumnya ya.
  5. Jika panggangan sudah siap, panggang croissant di panggangan waffle hingga matang.
  6. Tada! Croffle mu siap disantap!

Super mudah kan membuatnya? Terlepas dari perdebatan tentang penting atau nggaknya croffle, croffle tetap cocok kok buat teman ngopi atau ngeteh mu di rumah.

Bahan-bahannya mudah dan nggak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Yuk coba bikin di rumah!

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari jurnalistika.id di Google Newsklik di sini.

(dra)

croffle

croissant

waffle


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami