Jurnalistika

5 Tips Agar Daging Qurban Tetap Segar

  • Malik Abdul Aziz

    21 Jul 2020, 12:22 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi; Daging Sapi Segar

Jurnalistika.id – Salah satu ritual yang identik dengan perayaan Idul Adha adalah memotong hewan Qurban. Daging Qurban yang biasanya melimpah tersebut kalau tak disimpan dengan baik, akan terasa tak segar lagi dan bahkan membusuk.

Nah, agar daging Qurban tidak mudah busuk karena berbagai bakteri, yuk, simak 5 tips agar daging qurban tetap segar berikut:

5 Tips Agar Daging Qurban Tetap Segar

daging qurban
  1. Bersihkan daging dari kotoran yang menempel

Saat sudah mendapatkan daging Qurban, baiknya kita membersikah kotoran yang menempel pada permukaan daging, usahakan saat membersihkan daging kurban tersebut harus benar-benar bersih, ya! Soalnya, kotoran seperti debu atau lendir yang menempel di dalam daging akan membuat proses pembusukan daging menjadi lebih cepat.

Khusus untuk daging kambing, jangan lupa untuk langsung memisahkannya dari jeroan lain; agar daging tidak bau prengus saat dimakan.

2. Keringkan daging sebelum menyimpan

Daging segar sebaiknya tak dicuci, maka itu cukup bersihkan dengan tisu atau lap. Proses membersihkan ini juga membantu daging jadi lebih kering sehingga tak mudah busuk. Soalnya, daging Qurban yang basah menjadi salah satu ladang subur bagi tumbuhnya berbagai macam bakteri berbahaya.

tips daging qurban agar segar

3. Potong daging menjadi beberapa ukuran lebih kecil

Cara lain agar daging qurbanmu tetap segar dan bisa bertahan lama adalah dengan memotongnya kecil-kecil. Cara ini sangat efektif dalam memperkecil risiko bakteri berbahaya menempel di permukaan daging.

Baca Juga : Ma’ruf Amin: Berjamaah Hukumnya Sunnah, Jaga Diri Dari Pandemi itu Wajib

Dengan cara ini kamu juga tak perlu mengeluarkan lalu memasukkan daging bolak-balik ke dalam kulkas. Sehingga memudahkanmu memasak dengan bahan seperlunya saja, dan meminimalisir daging sisanya dari paparan bakteri di luar.

tips daging qurban agar segar

4. Jangan campurkan daging pada dalam 1 tempat

Tips selanjutnya adalah jangan pernah mencampur beberapa jenis daging dalam satu tempat. Soalnya, jenis daging seperti ikan, ayam, dan sapi memiliki tekstur serta masa simpan yang berbeda.Selain akan membuat daging rusak, hal ini juga menyebabkan rasa dan aroma daging menjadi kurang sedap. Makanya, sebelum di simpan, pisahkan daging menurut jenisnya sehingga kesegarannya tahan lama.

5. Ketahui masa ketahanan daging

Meski disimpan di dalam freezer, tidak serta-merta membuat daging dapat bertahan hingga waktu yang lama. Nah, agar manfaat dan kesegaran daging dapat bertahan, kamu harus mengetahui dengan spesifik daya simpan setiap daging.

Daging sapi segar yang tersimpan di dalam freezer bersuhu -17 derajat Celsius biasanya hanya bertahan hingga 4 bulan. Untuk daging ikan memiliki daya tahan hingga 6 bulan. Sedangkan, daging ayam memiliki masa simpan yang cukup lama yaitu hingga satu tahun.

Demikian Tips dan cara menyimpan daging qurban agar tetap segar. Semoga bermanfaat.

Daging Qurban

food

Idul Adha 1441 H

Segar