Jurnalistika

Rekomendasi 5 Musisi Jepang dan Lagunya Untuk Kamu Dengar

  • Jurnalistika

    21 Sep 2022, 12:28 WIB

    Bagikan:

image

Fuji Kaze (via Deezer)

jurnalistika.id – Jika mendengar kata Jepang, mungkin yang terlintas di pikiran kita adalah makanannya seperti sushi dan ramen ataupun Anime, ya. Namun, pernah ga sih kamu penasaran soal industri musik (J-Pop) di negeri Sakura tersebut?

Memang masih belum banyak penggemarnya di Indonesia, tetapi bukan berarti musik Jepang kalah dibandingkan dengan negara tetangganya, Korea Selatan.

Bahkan, banyak idol K-pop yang mempromosikan lagu mereka dalam bahasa Jepang karena besarnya pasar musik di sana.

Nah, Buat kalian yang penasaran, Jurnalistika punya beberapa rekomendasi musisi Jepang atau J-Pop untuk kamu dengarkan, nih!

Daftar 5 Musisi J-Pop yang Lagunya Mungkin Pernah Kamu Dengar

1. Kan Sano

Kan Sano bisa dibilang sebagai seorang artis sekaligus produser yang sangat multi-talent. Ia adalah seorang produser musik jazz, Hip Hop, RnB dan Electro.

Lahir di kota Kanazawa, Jepang pada tahun 1983, Kan Sano sudah menemukan bakat bermusiknya sejak ia masih sangat muda. Ia sudah bisa bermain instrumental piano dan gitar sejak kecil, bahkan di usianya yang baru ke-11 tahun, Kan Sano sudah bisa menulis lagunya sendiri.

Ia lulus dari Berklee Collage of music dan memulai karir bermusik profesionalnya pada tahun 2014. Pada awalnya, Kan Sano hanya fokus kepada musik instrumental.

Namun, seiring berjalannya waktu, Kan Sano mulai menambahkan vokal dalam musiknya dengan berkolaborasi dengan beberapa penyanyi muda Jepang seperti Shin Sakiura dan punipunidenki.

Memiliki 200 ribu lebih pengikut di spotify. Zurukunai, On My Way Home dan Momentusm adalah 3 lagu rekomendasi Kan Sano yang bisa kamu dengarkan.

2. Fuji Kaze

Salah satu lagu dari artis Jepang ini sedang sangat populer di TikTok dan mungkin pernah sesekali terlintas di For You Page kamu, nih. Judul lagunya adalah Shinunoga E-wa dari album Help Ever Hurt Never.

Selain lagu yang viral tersebut, masih banyak lagu Fuji Kaze lain yang juga cukup populer baik secara lokal maupun global. Bagaimana tidak? di usianya yang baru 25 tahun, Fuji Kaze mendapatkan sebutan The Biggest Japanese Musical Phenomenon setelah Utada Hikaru.

Meskipun baru debut pada tahun 2019, Fuji Kaze sudah memiliki lebih dari 2 juta pengikut di platform musik spotify. Salah satu album tersuksesnya, Help Ever Hurt Never yang dirilis pada tahun 2020 lalu mendapatkan paling sedikit 6 juta stream di setiap lagunya.

Beberapa lagu Fuji Kaze yang mungkin cocok untuk kamu dengar pertama kali adalah Nan-nan, Kirari dan tentu saja Shinunoga E-wa.

3. Kenta Dedachi

Meskipun Kenta Dedachi merupakan seorang penyanyi asal Jepang, kebanyakan lirik lagunya dituliskan dalam bahasa inggris. Kefasihannya dalam bahasa Inggris ini dikarenakan ia pernah tinggal selama beberapa waktu di Los Angeles, Amerika Serikat.

Mungkin Kenta Dedachi ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin mencoba untuk mendengarkan lagu dari artis Jepang, tetapi masih belum tau untuk memulai dari mana.

Tidak banyak yang diketahui tentang penyanyi yang debut di tahun 2018 ini karena Kenta sendiri jarang mengekspos kehidupan pribadinya baik melalui media sosial maupun interview dengan media.

Catch me if you can dan Step by step bisa jadi 2 lagu yang tepat untuk kamu mulai dengarkan dari Kenta Dedachi!

4. Lucky Tapes

Trio yang terdiri dari keyboardist dan vokalis Kai Takahashi, bassist Keito Taguchi, dan gitaris Kensuke Takahashi ini debut pada tahun 2014 lalu.

Jika kamu mencari lagu pop yang chill, mungkin Lucky Tapes bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu dengarkan. Salah satu lagunya yang berjudul Blue yang berkolaborasi dengan Kojikoji, mendapatkan banyak perhatian dari pecinta musik Jepang hingga ia mencapai lebih dari 10 juta stream di platform musik spotify.

Nah, mungkin blue ini juga bisa jadi salah satu musik yang bisa kamu seandainya kamu belum pernah mendengarkan Lucky Tapes sama sekali sebelumnya.

5. Takayan

Sering membawa isu-isu sosial ke dalam lagunya, Takayan bisa dibilang sebagai salah satu penyanyi Jepang yang memiliki tema unik dalam setiap lagunya. Misalnya masalah tingkat depresi yang tinggi di Jepang.

Meskipun isu yang dibawakan dalam lagunya cenderung berat, Takayan berhasil membawakannya dalam lagu yang up-beat bahkan dengan pembawaan yang terdengar ceria.

Namun, tidak semua lagu Takayan memiliki arti yang gelap. Beberapa lagunya juga membahas mengenai kepercayaan diri dan mengajak pendengarnya untuk lebih bebas dalam menjalankan hidup mereka, seperti di salah satu lagunya yang berjudul Bad example.

Mungkin gaya musiknya tidak familiar atau disukai oleh banyak orang, tetapi lirik lagu yang ia tulis sangat merepresentasikan perasaan banyak pendengarnya.

Nah, itulah rekomendasi 5 Musisi J-Pop yang lagunya mungkin pernah kamu dengar di platform TikTok.

Baca berita jurnalistika.id lainnya di Google News, klik di sini.

(Evelyn Sugianto)

J-Pop

Musik

Musisi Jepang

Penyanyi Jepang