Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Johny Depp Menangkan Gugatan Atas Mantan Istrinya, Amber Heard

  • Firmansyah

    02 Jun 2022, 12:30 WIB

    Bagikan:

image

Johnny Depp menang atas Amber Heard dalam kasus pencemaran nama baik. (Foto: AP/Steve Helber)

jurnalistika.id – Juri Pengadilan negara bagian Virginia, Amerika Serikat mengabulkan gugatan Johnny Depp atas mantan Istrinya, Amber Heard, Rabu (1/6/2022).

Sidang pembacaan vonis yang hanya dihadiri Amber itu memutuskan Amber Heard terbukti melakukan pencemaran nama baik terhadap Johnny Depp. Hasilnya, Amber harus membayar ganti rugi sebesar US$15 juta kepada mantan suaminya tersebut.

“Juri telah mengembalikan hidup saya, Sejak awal, tujuan saya memperjuangkan kasus ini adalah demi mengungkap kebenaran. Terlepas dari hasilnya,” ujar aktor 58 tahun itu usai persidangan, dikutip Vice lewat akun Instagram-nya.

Namun begitu, Juri berjumlah 7 orang tersebut juga memutuskan agar Johnny Depp memberi ganti rugi kepada Amber senilai $US2 juta atas gugatan yang sama yang turut Amber lakukan.

Aktris 36 tahun tersebut mengaku kecewa dengan keputusan Juri. Ia menilai vonis Juri sebagai “kemunduran bagi perempuan”. Bahkan, ia menuding keputusan Juri itu tidak objektif lantaran pengaruh popularitas Johhny.

“Saya lebih kecewa dengan arti simbolis putusan ini bagi perempuan lain. Putusan macam ini adalah kemunduran,” ujar Heard lewat keterangan tertulis.

“Juri mengesankan kekerasan terhadap perempuan tidak harus ditanggapi serius,” imbuhnya.

Tujuh orang Juri membacakan putusan itu usai bermusyawarah selama 13 jam. Pembacaan vonis sempat mundur dari jadwal yang seharusnya digelar pada 31 Mei 2022.

Konflik antara mantan pasangan selebritis tersebut bermula sejak tulisan Amber mengenai kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di harian Washington Post.

Meski Amber tidak secara gamblang menyebut nama Johhny di tulisannya, namun asumsi publik secara otomatis mengarah pada aktor yang pernah membintangi seri ‘Pirates of the Caribbean’.

Pengacara Depp mengklaim, tayangnya artikel tersebut merugikan karir kliennya sehingga didepak dari banyak proyek. Termasuk dari Pirates of the Caribbean. Depp pun mengajukan gugatan US$50 juta.

Di sisi lain, Heard balas menggugat Depp dengan nominal US$100 juta atas kerugian imateriil akibat KDRT, serta tuduhan bahwa Johhny telah menyebar hoax.

Depp sendiri mendaftarkan gugatan itu pada 2019 dan harusnya mulai sidang pada 2020. Namun karena pandemi, tertunda hingga akhirnya baru mulai pada 11 April 2022.

Baca berita dan informasi menarik lainnya di Google News

*) Dari berbagai sumber (fs)

amber heard

johnny depp

johnny depp vs amber heard

Selebriti