logo jurnalistika

Warga Tangsel, Ini Penyebab Bansos Tunai Belum Cair

Oleh

Firman Sy

pada

16 Jul 2021, 00:43 WIB

Warga Tangsel, Ini Penyebab Bansos Tunai Belum Cair
ilustrasi menerima Bansos/Qurio

Jurnalistika.id – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) masih menunggu informasi dari Kementerian sosial (Kemensos) terkait Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk warga Tangsel yang belum cair

Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang Selatan Wahyunoto Lukman mengatakan, pihaknya masih belum mendapatkan kepastian soal waktu penyaluran bantuan uang senilai Rp 300.000 tersebut.

 “Untuk waktunya sampai dengan saat ini kami belum terkonfirmasi secara pasti pada hari apa, tanggal berapa mulai. Itu sedang dikoordinasikan,” ujar Wahyu seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (15/7/21).

Menurut Wahyu, pihaknya masih berkoordinasi dengan Kemensos dan berharap Kemensos akan merapel dua tahap BST untuk warga Tangsel menggunakan jasa PT Pos Indonesia.

Dengan begitu, lanjut Wahyu, para penerima BST nantinya akan mendapatkan uang senilai Rp 600.000.

“BST sebesar Rp. 300.000, disalurkan melalui PT POS Indonesia. Rencana segera direalisasikan untuk tahap V dan VI sekaligus,” kata Wahyu.

Baca Juga : Bansos PPKM Darurat, Cek Tanggal dan Caranya

Berdasarkan Kepmensos No. 161/HUK/2020 tentang Pelaksanaan Bantuan Sosial Tunai dalam Penanganan Dampak Pandemi Corona Virus-19 tahun 2021.

Data Penerima BST merupakan usulan pemerintah daerah kab/kota, dan dari sumber data lain yakni dari Rehsos, kementerian/lembaga, lembaga kesejahteraan sosial, organisasi masyarakat berbadan hukum.

Penerima BST bisa mengecek apakah termasuk penerima bansos atau bukan melalui laman DTKS atau di https://cekbansos.kemensos.go.id.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka situs https://cekbansos.kemensos.go.id.

2. Masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan.

3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP.

4. Ketik 8 huruf kode captcha (pisahk spasi) sesuai dengan kotak yang tertera.

5. Jika huruf yang muncul kurang jelas, klik icon refresh untuk mendapatkan kode huruf baru.

6. Kemudian, klik tombol “cari data”. Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari nama penerima manfaat sesuai wilayah yang terinput.


Berita Terkait

Aturan Makan di Warteg 20 Menit, dipantau TNI & Polri?

News

19 jam yang lalu

Aturan Makan di Warteg 20 Menit, dipantau TNI & Polri?