Senin, 24 Januari 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika
Jurnalistika

Tol Cisumdawu Beroperasi Juni, Emil: Tak Ada Alasan Kertajati Sepi

  • Firman Sy

    10 Jan 2022, 21:45 WIB

    Bagikan:

<p>Foto: Proyek tol Cisumdawu.(Dokumentasi PT Jasa Sarana)</p>

Foto: Proyek tol Cisumdawu.(Dokumentasi PT Jasa Sarana)

jurnalistika.id – Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan beroperasi hingga Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka pada Juni 2022 mendatang.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, dengan beroperasinya jalan bebas hambatan ini nanti tidak ada alasan Bandara Kertajati sepi.

Menurutnya, itu karena waktu tempuh dari Bandung ke Bandara yang disebut untuk menggantikan Bandara Internasional Husein Sastranegara dapat ditempuh dengan waktu 40 menit.

“Kalau jalan tol ini sudah tembus Kertajati harusnya tidak ada alasan lagi Bandara Kertajati sepi. Itu karena waktu tempuh Bandung ke sana bisa 40 menit,” kata Emil-sapaan akrab Ridwan Kamil.

Emil menjelaskan, Tol yang menghubungkan tiga Kabupaten di Jabar itu dapat beroperasi total jika seluruh permasalahan seperti pembebasan lahan tuntas.

Secara umum, Emil meyakini pembangunannya sudah mencapai 90 persen, dan sebagian seksi dapat dibuka untuk umum pada akhir januari 2022.

“Sehingga kalau laporan dari kontraktor dan semuanya, merasa bisa menyelesaikan dengan sempurna itu maka operasi pada bulan Juni tahun 2022 ini,” kata Emil, mengutip dari Antara, Senin (10/1/2022).

Emil berharap, pengerjaan Tol Cisumdawa tersebut bisa tepat waktu sesuai dengan rencana kerja yang telah disiapkan oleh Satuan Kerja.

Dia optimistis, tahun 2022 ini menjadi momentum kebangkitan ekonomi Jabar. Karena ada dua infrastruktur besar di Jabar yang selesai tahun ini. Yakni, Cisumdawu dan kereta api cepat Jakarta-Bandung.

Selain itu, kehadiran Tol Cisumdawu akan mendukung pengembangan kawasan Cirebon-Subang-Majalengka (Rebana) sebagai pusat pertumbuhan ekonomi Jawa Barat.

Kawasan tersebut kerap disebut sebagai kawasan “segitiga emas”.

Baca juga: Duh! Ubin TPT Jaletreng Riverpark Retak, Pengunjung: Takut Longsor

Bandara Kertajati

Rebana

Tol Cisumdawu


Rekomendasi

Populer

Mencermati Komitmen Pemerintah Menjawab Tantangan Fiskal 2022