Jurnalistika

Keistimewaan Bulan Syaban dan Sebutan Lain Malam Nisfu Syaban

  • Khazim Mahrur

    15 Mar 2022, 13:50 WIB

    Bagikan:

image

Keistimewaan Bulan Syaban dan Nama Lain Malam Nisfu Syaban (foto; islamkita)

jurnalistika.id – Dalam Kamus Mahmud Yunus halaman 198, Syaban berarti menceraikan atau memisahkan. Hal itu sebagaimana Syekh Abdurrazaq As-Sa’di yang menyebutkan bahwa pada bulan Syaban, para kabilah Arab berpencar dan berpisah karena perang setelah sebelumnya berdiam diri sebab diharamkan berperang pada bulan Rajab.

Salah satu keistimewaan bulan Syaban ialah terletak pada malam Nisfu Syaban. Dalam buku ‘Keutamaan dan Ibadah Malam Sya’ban oleh Juriyanto, Lc., mengungkapkan nama-nama lain dari malam Nisfu Syaban.

Sementara itu, Sayyid Muhammad bin Abbas al-Maliki dalam kitabnya menjelaskan, Ma Dza fi Syaban, di antara nama-nama tersebut ialah sebagai berikut:

7 Nama Lain Nisfu Syaban yang Wajib Umat Muslim Ketahui

1. Al-Lailah al-Mubarakah

Arti dari nama ini sendiri adalah malam yang diberkahi. Disebut demikian karena malam Nisfu Sya’ban mengandung banyak keberkahan karena para malaikat pada malam tersebut mendekat pada manusia.

2. Lailah al-Qismah.

Nisfu Sya’ban adalah malam ditentukannya takdir seluruh manusia, mulai dari rizki, kesehatan, kematian dan lain sebagianya. Lailah Al-Qismah sendiri artinya malam pembagian, pembagian rizki dan pembagian takdir.

3. Lailah al-Takfir

Sebagaimana disebutkan oleh al-Imam Taqiyu al-Din al-Subki, karena malam Nisfu Sya’ban menghapus dan menggugurkan dosa setahun.

Sedangkan malam jum’at menghapus dosa seminggu dan malam lailah al-Qadar menghapus dosa seumur hidup.

Baca juga: Hikmah Husnudzon: Sembuh dari Lumpuh hingga Perampok yang Bertaubat

4. Lailah al-Ijabah

Nama ini artinya malam dikabulkannya do’a, karena malam Nisfu Sya’ban termasuk sebagian malam yang dijamin do’a seseorang akan diijabah oleh Allah. Diriwayatkan dari Abdullah Ibn Umar Ibn alKhattab, dia berkata;

Artinya: “Ada lima malam di mana do’a tidak akan ditolak, yaitu malam jum’at, malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya’ban, dan dua malam hari raya ( Idul fitri dan Idul adlha).”

5. Lailah al-Hayat wa Lailah Id al Malaikah.

Arti nama ini adalah malam kehidupan dan malam lebaran malaikat. Abu Abdillah Thahir bin Muhammad bin Ahmad al-Haddadi menjelaskan, manusia di bumi mempunyai dua hari lebaran, yaitu ‘Id al-Fitri dan ‘id al-Adha.

Sedangkan malaikat di langit mempunyai dua malam lebaran, yaitu malam Nisfu Sya’ban dan malam lailah al-Qadar.

6. Lailah al-Syafa’ah.

Abu Mansur Muhammad bin Abdillah al-Hakim al-Naisaburi dan ulama’ lain menyebut malam Nisfu Sya’ban dengan Lailah al-Syafa’ah, malam diturunkannya syafa’at

7. Lailah al-Ghufran.

Dinamakan demikian karena pada malam Nisfu Sya’ban dosa-dosa seseorang yang bertaubat dijamin akan diampuni oleh Allah.

Dan juga malam Nisfu Syaban adalah malam pembebasan dari api neraka. Inilah sebagian nama-nama lain dari malam Nisfu Sya’ban.

Dari 7 nama di atas menunjukkan bahwa malam Nisfu Syaban memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. Hal tersebut selayaknya menjadi perhatian semua orang yang beriman kepada Allah SWT.

Bulan syaban

Keistimewaan bulan syaban

nisfu syaban


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami