Jurnalistika
Loading...

RAGAM

Mengenal Konten Evergreen, Cara membuat dan Tips Agar Bisa Dapat Banyak Pembaca

Mengenal artikel evergreen, cara mudah membuatnya dan sederet tipis agar banyak dibaca.

  • Jurnalistika Community

    17 Okt 2023 | 10:55 WIB

    Bagikan:

image
Mengenal konten evergreen dan cara membuatnya. (Dok. Istimewa)

Konten evergreen menjadi salah satu eleman paling penting dalam membangun blog maupun website. Bahkan bisa dikatan konten evergreen sebagai kunci kesuksesan agar bisa meningkatkan pengunjung blog atau website baik yang fokus pada topik tertentu maupun membahas banyak kategori (rubrik).

Alasan lain mengapa konten evergreen merupakan bagian penting adalah karena dapat membantu meningkatkan traffic website secara organik. Jika traffic naik maka secara otomatis jangkauan pembaca juga akan semakin luas dan website yang sedang dibangun menjadi lebih dikenal oleh pembaca online atau warganet.

Lantas apa itu konten evergreen? Berikut akan diulas pengertian, cara pembuatannya, serta beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mendapatkan banyak pembaca.

1. Mengenal Konten Evergreen

image
Mengenal konten evergreen (Dok. Istimewa)

Konten evergreen adalah jenis konten yang tidak mudah ketinggalan zaman. Ia tetap relevan dan bermanfaat bagi pembaca bahkan setelah berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun berlalu.

Dengan kata lain, konten evergreen memiliki daya tahan yang lama dan terus memberikan nilai kepada pembaca tanpa terpengaruh oleh perubahan tren atau berita aktual. Sederhananya, konten evergreen berisi kata kunci jangka panjang (long term keyword) dan merupakan lawan konten viral atau berita.

Jadi, konten evergreen itu sesuai dengan namanya, "akan selalu hijau sepanjang tahun". Contoh dari konten evergreen adalah panduan cara memasak nasi atau artikel tentang cara merawat kesehatan gigi. Konten semacam ini akan selalu dicari oleh pembaca, tanpa memandang waktu.

2. Perbedaan Konten Evergreen dan Topik Evergreen

image
Perbedaan. (Dok. Istimewa)

Sebelum mengetahui cara membuat konten evergreen, penting untuk diingat kalau ada perbedaan antara konten evergreen dengan topik evergreen. Perbedaan mendasar dari keduanya terletak pada konsep pembuatan. Tetapi tetap berkaitan dengan ide bahwa suatu topik atau konten dapat tetap relevan dalam jangka waktu yang lama.

Konten evergreen merujuk pada jenis konten tertentu, seperti artikel, panduan, video, atau infografis, yang tetap relevan dan bermanfaat bagi pembaca meski sudah lama dimuat. Konteksnya berfokus pada individual piece of content yang dibuat dengan karakteristik evergreen.

Sebagai contoh adalah artikel tentang "10 Tips Perawatan Kulit Sehat" yang berlaku sepanjang waktu dan memberikan solusi yang tetap berguna. Contoh lainnya seperti artikel tentang "5 Jenis Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet".

Sementara, topik evergreen mengacu pada topik atau subjek yang memiliki daya tahan lama dan relevan dalam jangka waktu yang panjang, terlepas dari perubahan tren atau berita aktual. Adapun konteksnya fokus pada topik atau kategori umum yang dapat dijelajahi melalui berbagai konten yang dibuat.

Misalnya membahas tentang kesehatan dan kebugaran, resep masakan, perawatan kulit, manajemen keuangan, dan topik pendidikan adalah beberapa contoh topik evergreen yang selalu memiliki permintaan dan relevansi yang konstan.

3. Cara Membuat Konten Evergreen

image
Cara membuat. (Dok. Istimewa)

Membuat konten evergreen terbilang sangat mudah, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti.

Tentukan Audience atau Pembaca

Kenali audiens dengan baik. Apa yang mereka butuhkan? Apa masalah yang ingin mereka selesaikan? Mempelajari audiens adalah kunci untuk menciptakan konten yang relevan bagi mereka.

Tentukan Topik

Pilih topik yang akan tetap relevan dalam jangka waktu yang lama. Hindari topik yang terlalu terkait dengan tren atau berita terkini. Sebagai contoh, topik tentang tips memulai bisis online, lebih berumur panjang dibandingkan dengan topik yang sangat bergantung pada tren bisnis tertentu.

Buat Artikel yang Dibutuhkan Pembaca

Konten evergreen harus memberikan solusi konkret atau informasi yang dibutuhkan oleh pembaca. Edukasi adalah kunci untuk menjaga konten tetap relevan.

Optimasi SEO

Agar konten tetap mudah ditemukan, penting untuk mengoptimalkannya untuk mesin pencari. Gunakan kata kunci yang relevan dan buat struktur yang mudah diikuti pembaca.

Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Penting untuk diingat, bahwa menulis konten evergreen bukan untuk dibaca sendiri melainkan tujuannya untuk banyak orang. Jadi, gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siapa saja, dan hindari penggunaan bahasa teknis dan berbelit-belit.

4. Tips Agar Bisa Mendapatkan Banyak Pembaca

image
Tips. (Dok. Istimewa)

Optimasi SEO merupakan salah satu aspek penting agar konten dapat mendapatkan banyak pembaca. Tetapi selain itu bisa juga membagikan konten secara aktif di platform media sosial yang relevan. Cara ini bisa membantu mencapai lebih banyak pembaca potensial.

Kemudian, bisa juga dibagikan ke grup komunitas online seperti di WhatsApp dan sejenis. Namun, pastikan tidak hanya mengirim link artikel saja, tetapi harus disertai dengan kalimat pendek yang bisa membuat orang penasaran.

Kalau ingin mendapatkan lebih banyak lagi, bisa mempertimbangkan untuk melakukan promosi online berbayar. Lalu lakukan pembaharuan konten secara berkala serta tingkatkan kualitasnya.


  • Jurnalistika Community

    -

Jurnalistika Community adalah platform terbuka untuk menulis. Semua konten sepenuhnya milik dan tanggung jawab kreator. Pelajari Selengkapnya.

Artikel lain dari Jurnalistika

    Kamu suka artikel dari penulis ini? Lihat lagi yang lainnya dari Jurnalistika Community

    Rekomendasi