Jurnalistika
Loading...

KOREA

10 MV K-Pop yang Paling Banyak Ditonton di Youtube Tahun 2023

Inilah deretan MV K-Pop yang paling banyak ditonton di Youtube sepanjang tahun 2023, Jisoo dan Jungkook memimpin!

  • Elni Novitasari

    29 Des 2023 | 09:25 WIB

    Bagikan:

image
FIFTY FIFTY. (Instagram @we_fiftyfifty)

Menjelang akhir tahun, Youtube merilis daftar 10 MV (music video) yang paling banyak ditonton di Youtube tahun 2023 di Korea. Data ini diambil dari jumlah views dari pengguna Youtube di Korea yang dihitung sejak 1 Januari hingga 31 Oktober 2023. 

Tahun ini, memang banyak idol K-Pop yang merilis lagu secara grup maupun solo. Tak jarang lagu-lagu tersebut viral dan meraih jutaan views hanya dalam waktu singkat.

Tak heran bila video klip para idol K-Pop ini menjadi yang paling banyak ditonton di tahun ini. Siapa saja mereka? Berikut daftar 10 MV K-Pop yang paling banyak ditonton tahun 2023 yang sudah kami rangkum.

1. JISOO - FLOWER (441 juta views)

image
Jisoo flower. (Instagram @blackpinkofficial)

JISOO resmi memulai debut solonya pada 31 Maret dengan merilis mini album bertajuk Me. Mini album berisi 2 lagu ini sukses mencuri perhatian dengan single title track-nya yang berjudul FLOWER. Terhitung hingga 31 Oktober, MV dari lagu ini mencapai 441 juta views sehingga menempati posisi pertama sebagai MV K-Pop yang paling banyak ditonton di tahun ini.

JISOO memilih FLOWER sebagai lagu utama tak lain karena lagu ini menggambarkan dirinya baik dari segi vokal hingga visual. JISOO menjadi anggota terakhir yang memulai debut solonya setelah ketiga anggota BLACKPINK lain.

Debut solo JISOO pun menjadi begitu dinantikan oleh para penggemar. Hingga artikel ini dibuat, MV FLOWER sudah ditonton sebanyak 445 juta kali.

2. Jungkook Ft Latto - Seven (305 juta views)

image
Jungkook - Seven. (Instagram @bts.bighit.official)

Selain JISOO, Jungkook juga meraih kesuksesan dengan proyek solonya. Setelah sukses merilis single bertajuk Left and Right bersama Charlie Puth, anggota termuda BTS ini kembali merilis single bersama penyanyi rap asal Amerika Serikat, Latoo yang berjudul Seven

Lagu yang dirilis pada 14 Juli 2023 ini menceritakan tentang sepasang kekasih yang selalu ingin menghabiskan waktu bersama. Terhitung hingga 31 Oktober 2023, MV Seven ditonton hingga 305 juta kali. Sehingga menempati posisi kedua sebagai MV K-Pop yang paling banyak ditonton di tahun ini. Hingga artikel ini, ditulis, MV Seven telah ditonton sebanyak 311 juta kali.

3. (G)I-DLE - Queencard (280 juta views)

image
(G)I-DLE - Queencard. (Instagram @official_g_i_dle)

Posisi ketiga ditempati oleh girl group naungan Cube Entertainment, (G)I-DLE. Mereka resmi merilis mini album keenam mereka pada 15 Mei lalu dengan tittle track bertajuk Queencard. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang menyadari bahwa kecantikan berasal dari kepercayaan diri dan penerimaan diri. 

Karena maknanya yang bagus, lagu ini pun viral di berbagai media sosial seperti TikTok dan Instagram. Sejak dirilis hingga periode 31 Oktober lalu, video klip lagu ini telah ditonton sebanyak 280 views. Hingga artikel ini ditulis, MV lagu Queencard telah ditonton sebanyak 282 juta kali.

4. IVE - I AM (193 juta views)

image
IVE (Instagram @ivestarship)

Posisi keempat ditempati oleh IVE dengan lagu berjudul I AM. Lagu I AM sendiri adalah lagu utama dalam album perdana mereka sejak debut pada 2021. Lagu yang dirilis pada 10 April ini sukses besar hingga menempati posisi pertama di Circle Digital Chart. 

Sama seperti Queencard, lagu ini juga viral di media sosial khususnya TikTok. Banyak penggemar yang menggunakan lagu ini sebagai dance challenge. Per 31 Oktober 2023, MV I AM dari IVE mencapai 193 views. Hingga artikel ini ditulis, MV ini telah ditonton sebanyak 196 views.

5. SEVENTEEN - Super (162 juta views)

image
Seventeen Super (Instagram @saythename_17)

Posisi kelima ditempati boy group naungan PLEDIS Entertainmet, SEVENTEEN. Dengan lagu bertajuk Super, SEVENTEEN berhasil masuk dalam daftar 40 lagu teratas Billboard Global 200.

Lagu yang dirilis pada 24 April ini juga viral di TikTok dengan dance challenge-nya. Tak hanya itu, lagu ini juga terdengar ear catching dengan lirik da-rum-da-rim-da. 

Per 31 Oktober 2023, MV Super dari SEVENTEEN mencapai 162 juta views hingga masuk daftar MV K-Pop yang paling banyak di tonton di Youtube tahun ini. Hingga artikel ini dirilis, MV Super sudah ditonton sebanyak 164 juta kali. 

6. Strau Kids - S-Class (160 juta views)

image
Stray Kids. (Instagram @realstraykids)

Posisi keenam diisi oleh Stray Kids yang merilis album bertajuk 5-STAR pada 2 Juni 2023 lalu. Dalam album ini, lagu S-Class dipilih menjadi lagu utama dan berhasil masuk dalam daftar MV K-Pop yang paling banyak ditonton di Youtube tahun ini. Lagu bergenre hip-hop ini mencapai 160 juta views per 31 Oktober 2023. Hingga artikel ini ditulis, MV S-Class telah ditonton sebanyak 163 kali.

7. FIFTY FIFTY - Cupid (155 juta views)

image
FIFTY FIFTY. (Instagram @we_fiftyfifty)

Girl group rookie FIFTY FIFTY sukses mencuri perhatian dengan single mereka yang bertajuk Cupid. Lagu tersebut secara mengejutkan menjadi viral di TikTok dan masuk dalam daftar Year-End Hot 100 Billboard di urutan ke-44, prestasi yang sulit diraih untuk grup rookie terlebih bukan dari big 3 agensi K-Pop.

Sejak dirilis pada 24 Februari hingga 31 Oktober lalu, MV Cupid dari FIFTY FIFTY meraih 155 juta views. Hingga artikel ini ditulis, MV tersebut telah ditonton sebanyak 156 juta kali.

8. NewJeans - Super Shy (136 juta views)

image
NewJeans (Instagram @newjeans_official)

Girl group naungan Ador Entertainment, NewJeans selalu menghadirkan karya yang fresh. Setelah sukses dengan single OMG di awal tahun ini, NewJeans akhirnya merilis EP kedua mereka bertajuk Get Up. Dalam EP tersebut, lagu Super Shy sukses mencuri perhatian Bunnies (panggilan untuk penggemar NewJeans). 

Dengan gerakan dance yang ikonic serta lagu yang ear cathcing, lagu Super Shy pun viral dan menempati posisi puncak beberapa tangga lagu seperti South Korean Circle Digital Chart, Hits of the world Billboard, Billboard Global 200 dan Billboard Hot 100 AS.

Tak heran bila mereka juga meraih jumlah views terbanyak tahun ini. Hingga periode 31 Oktober 2023, MV Super Shy ditonton sebanyak 136 juta kali. Hingga artikel ini ditulis, MV lagu ini telah ditonton oleh 139 juta views.

9. BABYMONSTER - BATTER UP (137 views)

image
BABYMONSTER (Instagram @babymonster_ygofficial)

Girl group terbaru dari YG Entertainment, BABYMONSTER meraih kesuksesan besar dengan single perdana mereka. Debut pada 27 November lalu, BABYMONSTER merilis lagu bertajuk BATTER UP dengan konsep girl crush khas YG. Girl group beranggotakan 6 orang itu memang sudah sangat dinantikan debutnya oleh YG stan.

Meski baru sebulan sejak perilisan, BABYMONSTER sukses memecahkan rekor Music Video Debut K-Pop yang paling banyak ditonton dalam 24 jam. Sehingga tak heran, bila mereka juga masuk dalam daftar MV K-Pop yang paling banyak ditonton di Youtube tahun ini dengan 137 juta views.

10. Taeyang Ft Jimin BTS - VIBE (130 juta views)

image
Taeyang ft Jimin - VIBE (Instagram @bts.bighit.official)

Posisi kesepuluh ditempati oleh Taeyang yang berduet dengan Jimin BTS dengan lagu bertajuk VIBE. Lagu ini merupakan single pra-rilis dari mini album Taeyang bertajuk Down to Earth yang juga menjadi penanda comeback-nya setelah merilis album White Night pada 2017 lalu. 

Lagu dan video klip VIBE resmi dirilis pada 13 Januari 2023 lalu. Hingga periode 31 Oktober 2023, MV lagu ini telah ditonton sebanyak 130 juta kali. Hingga artikel ini ditulis, MV Taeyang ft Jimin ini telah ditonton sebanyak 133 juta kali.

Itu dia daftar 10 MV K-Pop yang paling banyak ditonton di tahun 2023. Ada bias kamu?


  • Elni Novitasari

    Word can change the world

Jurnalistika Community adalah platform terbuka untuk menulis. Semua konten sepenuhnya milik dan tanggung jawab kreator. Pelajari Selengkapnya.

Artikel lain dari Elni

    Kamu suka artikel dari penulis ini? Lihat lagi yang lainnya dari Elni Novitasari

    Rekomendasi