Jurnalistika
Loading...

7 Tanda Hard Drive Laptop Bermasalah dan Solusi Ampuh Mengatasinya

  • Arief Rahman

    05 Mar 2024 | 16:35 WIB

    Bagikan:

image

Tanda hard drive laptop bermasalah. (Pixabay/rohitdarbari)

jurnalistika.id – Pernahkah kamu mengalami saat laptop tiba-tiba berjalan lambat, atau muncul pesan kesalahan yang tidak diinginkan? Mungkin saja masalahnya ada pada kesehatan hard drive laptop.

Sebagai seorang yang tiap hari terus menggunakan laptop, kemudian menemukan masalah seperti ini, pasti bakal sangat menjengkelkan. Namun, itu bagi orang yang tidak mengetahui tanda-tandanya.

7 Tanda Hard Drive Laptop Bermasalah

Berikut akan dibagikan beberapa tanda hard drive mengalami masalah dan cara mengatasinya.

1. Kinerja Melambat

Jika kinerja laptop tiba-tiba berubah ‘lari seperti siput’ padahal biasanya selalu lincah, kemungkinan besar ada masalah pada hard drive. Hal ini paling terasa ketika membuka atau menyimpan file.

Baca juga: 6 Cara Ampuh Melindungi Laptop dari Serangan Virus

Solusinya, pastikan tidak ada program berat yang berjalan secara bersamaan. Apabila masih tetap lambat, sebaiknya upgrade hardisk atau kapasitas RAM laptop.

2. Terdengar Suara Aneh

Hard drive yang normalnya bekerja tanpa suara mencolok. Jika mulai terdengar ketukan, gemeretak, atau suara aneh lainnya, itu bisa menjadi tanda adanya masalah.

Segera backup data penting ke penyimpanan lain, sebab solusi yang masalah ini mungkin hanya mengganti hard drive dengan yang baru. Meski diperbaiki, bisa saja akan terulang kembali.

3. Muncul Blue Screen of Death (BSod)

Munculnya BSoD adalah momen yang tidak menyenangkan bagi siapa pun. Jika kamu sering mengalami crash sistem dan munculnya layar berwarna biru, hard drive bisa jadi penyebabnya. 

Lakukan pengecekan dan perbaikan segera untuk menghindari kehilangan data yang lebih serius. Jangan berpikir panjang jika ingin data penting selamat.

4. File Tersimpan Tiba-tiba Hilang atau Rusak

Apakah kamu pernah menemukan file yang tiba-tiba menghilang atau rusak tanpa alasan yang jelas? Bisa jadi itu karena tanda kerusakan pada sektor penyimpanan hard drive. 

Cobalah menggunakan utilitas pemulihan data untuk menyelamatkan apa yang masih bisa diselamatkan. Solusi lainnya, coba lakukan pemindaian, barangkali itu adalah serangan virus.

5. Sering Muncul Pesan Kesalahan

Hard drive bermasalah seringkali memberikan sinyal melalui pesan kesalahan. Jika sering melihat pesan seperti “disk not found” atau “disk error,” jangan abaikan.

Baca juga: Wanita Muda di China Pilih Pacaran dengan ChatBot, Imbas Resesi Seks?

Cek hard drive menggunakan alat diagnostik untuk mengetahui lebih lanjut. Jika tidak memiliki pengetahuan tentang ini, bisa belajar lewat YouTube atau langsung perbaiki ke ahlinya.

6. Suhu Laptop Jadi Tinggi

Hard drive yang berjalan panas dapat menyebabkan masalah kinerja dan bahkan kegagalan. Pastikan ventilasi laptop berfungsi dengan baik, dan pertimbangkan untuk menggunakan pendingin eksternal jika diperlukan.

7. Sektor Bad Meningkat

Sektor bad pada hard drive adalah area yang tidak dapat diakses atau rusak. Jika jumlahnya terus bertambah, itu bisa menjadi tanda bahwa hard drive mengalami degradasi. 

Solusi mengatasinya, gunakan alat pemulihan sektor bad atau ganti hard drive jika diperlukan. Jangan tunggu sampai hard disk rusak dan data benar-benar hilang.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

hard drive

laptop

masalah laptop


Konten Sponsor

Populer

Libur Lebaran Berakhir, Berikut Sisa Cuti dan Tanggal Merah di 2024
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami