Jurnalistika
Loading...

STY Diprediksi Akan Bikin 3 Perubahan dalam Line Up Indonesia lawan Filipina

  • Arief Rahman

    10 Jun 2024 | 10:35 WIB

    Bagikan:

image

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (STY). (Dok. PSSI)

jurnalistika.id – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (STY) diperkirakan akan melakukan beberapa perubahan dalam line up Garuda saat melawan Filipina pada laga terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di SUGBK, Selasa (11/6/2024).

Pasalnya, duel melawan Filipina adalah kesempatan terakhir bagi Indonesia untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Sehingga STY kemungkinan bakal menghindari beberapa kesalahan anak asuhnya seperti ketika melawan Irak pekan lalu.

Sebelumnya, Indonesia takluk dengan skor 0-2 menghadapi Irak. Dua gol terjadi lantaran blunder yang dilakukan Justin Hubner dan Ernando Ari.

Baca juga: Skenario Indonesia Lolos R3 Kualifikasi Piala Dunia Usai Kalah dari Irak

Hasil tersebut membuat Irak semakin kokoh di klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sedangkan Indonesia gagal memperlebar jarak dari Vietnam yang kini hanya tertinggal satu angka di belakang.

Artinya, menang melawan Filipina adalah skenario terbaik yang harus diambil oleh Indonesia jika ingin melanjutkan perjalanan. Jika tidak, maka akan sangat bergantung pada hasil Irak melawan Vietnam.

Melihat kans yang dimiliki Indonesia ini, karenanya STY diprediksi akan melakukan beberapa perubahan dalam line up.

3 Perubahan yang Diprediksi Dilakukan STY

Berikut sedikitnya ada tiga perubahan yang diprediksi akan dilakukan STY melihat dari hasil melawan Irak pekan lalu.

1. Mengubah Komposisi Pemain Bertahan

Sebetulnya pekan lalu, pemain bertahan Indonesia cukup solid terutama di babak pertama. Namun, organisasi lini belakang tampak kewalahan saat memasuki babak kedua.

Alhasil, gol pertama tercipta lewat penalti setelah Justin Hubner handball. Tak lama, Irak mampu melihat celah kosong hingga memaksa Jordi Amat melakukan pelanggaran keras dan membuatnya langsung mendapat kartu merah.

Dengan begitu, Jordi Amat akan absen pada laga melawan Filipina. Karenanya, STY diperkirakan akan mengubah komposisi pemain yang berbeda sepenuhnya.

Jay Idzes yang sebelumnya hanya ada bangku cadangan mungkin akan menjadi starter pada laga ini. Justin Hubner juga bisa jadi akan diganti, terlebih dengan hadirnya Calvin Verdonk.

STY diperkirakan akan tetap menggunakan tiga bek, dengan komposisi Rizky Ridho, Jay Idzes, dan Calvin Verdonk. Mungkin juga Sandy Walsh digeser ke belakang menggantikan Hubner.

2. Pemain Tengah Diubah

Sebelumnya, STY memainkan Sandy Walsh, Tom Haye, Nathan Tjoe-Aon, dan Shayne Pattynama di tengah dengan formasi 3-4-3. Melawan Filipina nanti, diharapkan STY akan melakukan perubahan.

Asnawi Mangkualam dan Arhan Pratama bisa jadi opsi karena memiliki kecepatan yang berguna mengalirkan bola dari sayap. Sementara Haye dan Nathan mungkin bisa tetap dimainkan karena cukup baik dalam memimpin permainan di tengah.

3. Ganti Posisi Marselino Ferdinan

Marselion Ferdindan bisa dikatakan kurang bagus ketika bermain sebagai penyerang ketika melawan Irak kemarin. Beberapa kali usahanya sering diputus lawan.

Namun, dalam laga nanti STY diprediksi akan tetap memainkan Marselino tetapi mengubah posisinya ke tengah. Bisa berada di posisi Nathan atau mungkin di sayap kiri untuk membantu Ragnar Oratmangoen.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Filipina

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia


Populer

Kominfo ‘Diperas’ Pelaku Penyerang Server PDN, Minta Bayaran 8 Juta Dollar AS
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami