Jurnalistika
Loading...

5 Nama Beken Kandidat Gubernur Banten di Pilkada 2024

  • Arief Rahman

    14 Mei 2024 | 08:05 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi Pilkada 2024. (Dok. Kominfo)

jurnalistika.id – Aroma Pilkada 2024 semakin tercium, sederet nama beken yang digadang-gadang bakal menjadi calon gubernur Banten pun mulai bermunculan. Semuanya memiliki rekam jejak memimpin di daerah yang dijuluki Tanah Jawara itu.

Tak heran wajah mereka sudah terpampang di beberapa baliho maupun spanduk. Bahkan beberapa di antaranya telah mendaftar diri ke partai politik serta mencoba membangun koalisi.

Provinsi Banten akan mengikuti Pilkada 2024 serentak yang akan diselenggarakan pada November mendatang. Selain tingkat provinsi, tingkat kabupaten/kota juga turut meramaikan pesta demokrasi ini.

5 Nama Beken Kandidat Calon Gubernur Banten

Berikut sederet nama kandidat Calon gubernur Banten beserta profil singkatnya.

Wahidin Halim

Berpengalaman memimpin Banten pada periode 2017-2022, nama Wahidin Halim tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat Tanah Jawara. Tahun ini, namanya masih masuk dalam daftar bakal cagub di Pilkada 2024.

Baca juga: Digaji Hingga Rp2,2 Juta, Ini Tugas dan Wewenang Panwascam Pilkada 2024

Sebagai mantan Gubernur, Wahidin pastinya sudah memiliki basis pendukung sendiri. Apalagi ia juga tergolong sebagai politisi senior yang tidak hanya merasakan berproses di satu partai.

Sebelum berkiprah di Partai Nasdem dan menjadi ketua wilayah Banten, Wahidin lebih dulu berada di Demokrat. Ia telah menyatakan kesiapan untuk maju pada Pilkada 2024, di samping itu dia juga merupakan anggota DPR terpilih pada Pemilu 2024.

Rano Karno

Sudah pasti Rano Karno masuk dalam daftar nama politisi beken yang bakal jadi calon gubernur Banten. Pasalnya, pada Pilkada 2017 ia juga mencalonkan diri berdampingan dengan Embay Mulya.

Pada Pilkada 2024, Rano Karno kembali maju sebagai calon Gubernur 2024 lewat PDIP. Selain populer sebagai politisi, Rano juga sering menghiasi dunia hiburan Indonesia yang membuat namanya kian populer.

Airin Rachmi Diany 

Airin Rachmi Diany telah menorehkan namanya dalam dunia politik Indonesia. Dengan latar belakang sebagai lulusan Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung, dan pengalaman sebagai Wali Kota Tangerang Selatan dari 2011 hingga 2021, Airin telah menjadi figur yang diperhitungkan.

Baca juga: Akhmad Jajuli Siap Jadi Balon Bupati Lebak Pilkada 2024, Mantap Daftarkan Diri ke Berbagai Parpol

Sebagai kader Partai Golkar, dia telah menjadi sorotan Ketua Umum partai tersebut sebagai bakal calon gubernur Banten. Tidak hanya itu, Airin juga meraih suara terbanyak dalam pemilihan anggota DPR di Pemilu 2024 di daerah pemilihan Banten III.

Achmad Dimyati Natakusumah

Selanjutnya, Achmad Dimyati Natakusumah adalah salah satu nama yang tengah mencuat sebagai calon dalam Pilgub Banten mendatang. Ia berpengalaman sebagai mantan Bupati Pandeglang periode 2000-2009 dan saat ini menjabat sebagai anggota DPR-RI Fraksi PKS di Dapil Banten I sejak 2009.

Meski pernah mencalonkan diri sebanyak empat kali sebelumnya tanpa memperoleh kemenangan, Dimyati tidak kehilangan semangat. Ambisinya  menjadi gubernur Banten kembali ia perlihatkan pada tahun ini.

Dimyati telah menunjukkan keseriusannya dengan memasang spanduk dan baliho kampanye di berbagai tempat. Dirinya pun sudah mendaftarkan diri ke tiga partai politik, PDIP, PKB, dan NasDem.

Arief Wismansyah

Arief R. Wismansyah adalah seorang politikus Partai Demokrat yang juga dikenal sebagai pengusaha dari PT Sari Asih Group.  Namanya cukup beken untuk untuk turut serta dalam perhelatan Pilkada Banten 2024. 

Arief memiliki latar belakang yang mencakup masa tumbuhnya di Tangerang hingga pengabdiannya sebagai wali kota selama dua periode dari tahun 2013 hingga 2023. Keputusannya untuk maju sebagai calon gubernur Banten di Pilkada 2024 diumumkan pada tanggal 6 Mei yang lalu.

Baca juga: Aroma Pilkada DKI Jakarta 2024 Mulai Tercium, RK hingga Ahmad Sahroni Masuk Bursa Cagub

Arief telah mengambil formulir ke beberapa partai politik, termasuk PAN, NasDem, dan PDIP. Hadirnya politisi muda ini bakal membuat persaingan gubernur Banten semakin ketat.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

Kandidat Gubernur Banten

Pilgub Banten 2024

Pilkada 2024


Konten Sponsor

Populer

3 Hakim MK Dissenting Opinion untuk Putusan Sengketa Pilpres 2024, Apa Itu?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami