Jurnalistika
Loading...

Berjarak 35 Km dari Tangsel, Curug Dengdeng Rumpin Punya Pesona Alam Memukau

  • Jurnalistika

    02 Agt 2023 | 15:35 WIB

    Bagikan:

image

Potret Curug Dengdeng Rumpin Bogor. (Dok. Istimewa)

jurnalistika.id – Hanya membutuhkan waktu kurang dari dua jam, warga Tangerang Selatan (Tangsel) sudah bisa menikmati pesona alam dan air terjun indah di Curug Dengdeng Rumpin, Bogor, Jawa Barat. Destinasi tersebut hanya berjarak sekitar 35 km dari salah satu kecamatan di Tangsel yaitu Pamulang.

Walaupun memiliki jarak yang cukup dekat dari wilayah perkotaan, Curug Dengdeng tetap menjadi tempat wisata yang menarik dikunjungi saat liburan. Pasalnya, pesona alam yang ditawarkan sangat menakjubkan sehingga bisa memanjakan mata para pengunjung.

Curug Dengdeng juga masih menyimpan air yang jernih di tengah alam asri yang menenangkan. Kalau kamu wisatawan Tangsel yang suka melewati trek menantang, lokasi wisata air ini bisa jadi pilihan tepat dan dekat.

Lokasi dan Rute Curug Dengdeng Rumpin

Curug Dengdeng tepatnya berada di Leuwibatu, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bagi wisatawan yang tertarik datang kesini, bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil, motor, atau sepeda.

Jika berangkat dari Pamulang terdapat dua jalur. Misalnya, kalau kampus utama Universitas Pamulang (Unpam) atau yang dekat bundaran Pamulang dijadikan patokan. Kamu bisa mengarahkan kendaraan ke Gaplek lalu langsung menuju Pasar Parung.

Baca juga: Rute dan Estimasi Biaya ke Pantai Pandan Carita Pandeglang 2023

Setelah sampai di pasar parung, belokkan kendaraan ke arah kiri menuju Ciseeng kemudian ikuti jalan hingga Rumpin. Jika sudah sampai Jalan Raya Rumpin Leuwiliang, maka tidak akan jauh lagi akan sampai ke lokasi curug.

Rute kedua wisatawan bisa mengarahkan kenderaan ke arah Jalan Raya Puspitek atau Kampus Viktor Unpam. Ikuti jalan hingga sampai perempatan Muncul lalu ambil kiri. Setelah itu tinggal mengikuti jalur dan nantinya akan sampai ke Jalan Raya Rumpin Leuwiliang juga.

Pesona dan Tiket Masuk Curug

Walaupun memiliki nama yang sama dengan yang di Tasikmalaya, Curug Dengdeng Rumpin tidak kalah mempesona. Tersembunyi di dalam hutan yang lebat dan memiliki pemandangan indah yang menawarkan kesan tak terlupakan.

Curug ini diapit oleh tebing bebatuan dan memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Namun, ukurannya tidak selebar yang di Tasikmalaya, Curug Dengdeng lebih sempit karena terbentuk dari air sungai yang mengalir dan jatuh di dinding yang berundak.

Namun, tempat berendam di bawah curug cukup luas, airnya juga lumayan deras dan terpecah oleh sebuah batu besar di bagian bawahnya. Warna air terlihat hijau tosca ketika musim kemarau dan agak kecoklatan pada musim hujan.

Meski menyajikan panorama alam yang menakjubkan, air terjun dengdeng masih belum dikelola sebagai objek wisata secara profesional. Pengunjung bisa masuk dengan membayar harga tiket sekitaran Rp10.000 termasuk parkir (jika belum berubah). Buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB – 17.00 WIB.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

bogor

Curug Dengdeng Rumpin

Tangsel

Tempat Wisata


Populer

Secanggih Apa Starlink Milik Elon Musk yang Akan Diuji Coba di IKN?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami